Rabu, 04 Juli 2012

CONTOH SKRIPSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA

Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/ fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan ketrampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya. Skripsi merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1) di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Istilah skripsi sebagai tugas akhir sarjana hanya digunakan di Indonesia. Negara lain, seperti Australia menggunakan istilah thesis untuk penyebutan tugas akhir dengan riset untuk jenjang undergraduate (S1), Postgraduate (s2), PhD dengan riset (S3) dan disertation untuk tugas riset dengan ukuran yang kecil baik undergrduate (sarjana S1) ataupun postgraduate (pascasarjana). Sedangkan di Indonesia Skripsi untuk jenjang S1, Tesis untuk jenjang (S2) dan Disertasi untuk jenjang (S3).

Dalam penulisan skripsi, mahasiswa dibimbing oleh dua orang pembimbing yang berstatus dosen pada perguruan tinggi tempat mahasiswa kuliah. Kedua pembimbing tersebut disebut dengan istilah Pembimbing I dan Pembimbing II. Biasanya, Pembimbing I memiliki peranan yang lebih dominan bila dibanding dengan Pembimbing II.

Proses penulisan skripsi ditentukan oleh setiap perguruan tinggi, penulisan skripsi atau Judul Skripsi pada umumnya tidak jauh berbeda dengan perguruan tinggi yang lainnya.
Proses penyusun skripsi adalah sebagai berikut:
  1. Pengajuan judul skripsi
  2. Pengajuan proposal skripsi
  3. Seminar proposal skripsi
  4. Penelitian
  5. Setelah penulisan dianggap sempurna oleh Pembimbing I dan Pembimbing II, mahasiswa diuji hasil tulisan dari penelitian karya ilmiahnya tersebut.
Karakteristik skripsi
  1. Merupakan karya ilmiah sehingga harus dihasilkan melalui metode ilmiah.
  2. Merupakan laporan tertulis dari hasil penelitian pada salah satu aspek kehidupan masyarakat atau organisasi (untuk ilmu sosial). Hasil penelitian ini dikaji dengan merujuk pada suatu fenomena, teori atau hasil-hasil penelitian yang relevan yang pernah dilaksanakan sebelumnya.
Dikuti dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Skripsi
Mungkin dengan sedikit kutipan yang saya ambil dari Wikipedia sobat bisa mengerti apa yang dimaksud dengan skripsi atau lebih simple-nya adalah Definisi Skripsi adalah karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/ fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), skripsi diartikan sebagai karangan ilmiah yang diwajibkan sebagai bagian dari persyaratan pendidikan akademis.
Untuk sebagian Mahasiswa Skripsi adalah sesuatu yang lumrah dan wajar dan tidak terlalu bermasalah, namun untuk sebagian Mahasiswa lainnya skripsi bisa menjadi suatu problem yang cukup serius karena skripsi adalah salahsatu syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan gelas S1 dan skripsi ini juga yang menjadi pembeda antara jenjang pendidikan Sarjana dan Diploma.
Lalu apakah ada syarat-syarat tertentu sebelum seorang Mahasiswa dapat mengajukan dan menulis skripsi? tentunya ada! apa saja syarat penyusunan skripsi ini? Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum seorang Mahasiswa dapat menulis / menyusun sebuah skripsi dan tergantung pada kebijakan Universitas masing-masing, karena setiap Universitas memiliki peraturan tersendiri. Namun pada umumnya syarat seorang Mahasiswa dapat menulis / menyusun sebuah skripsi adalah jumlah SKS harus sudah terpenuhi, tidak boleh ada nilai D apalagi E, IP Kumulatif semester minimal 2.00, dan lain-lain.
Pada intinya skripsi bukanlah sesuatu yang sulit, namun karena terkadang semuanya didadak (dadakan) tanpa persiapan apapun sehingga banyak orang menganggap Skripsi adalah suatu problem yang cukup besar. Jadi pada intinya juga skripsi adalah sesuatu hal yang harus dipersiapakan secara serius dan matang-matang. Karena tanpa persiapan skripsi = mimpi buruk bagi setiap Mahasiswa yang menghadapinya.
So, persiapkanlah skripsi itu dari sekarang sehingga kita sudah mempunyai bekal ketika nanti kita sudah dapat / berhak untuk menulis sebuah skripsi. Dan pastinya skripsi yang sudah dipersiapkan dari awal akan berdampak lebih baik dari pada skripsi yang disusun secara mendadak. Bagaimana kita bisa mempersiapkan / mempelajari cara penyusunan skripsi jika bentuk / format skripsi-pun belum tau. Baiklah, yang kita butuhkan pertama kali adalah kumpulan contoh-contoh skripsi lengkap untuk dipelajari dan dijadikan bahan referensi skripsi kita nantinya.
Peningkatan Kemampuan Mengarang Narasi Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Palajau Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan [ download via ziddu, 4shared ]

Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Dengan Teknik Bercerita Berpasangan

Penerapan Model Proyek Respons Kreatif dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi 

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar